Perekrutan Karyawan merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bagi perusahaannya.
Menemukan kandidat yang berkualitas tentunya bukanlah hal yang mudah.
Jika perusahaan hanya mencari 1 sampai 2 kandidat mungkin terasa ringan jika dilakukan secara manual.
Namun, bagaimana jika perusahaan atau HR melakukan perekrutan karyawan dalam jumlah banyak? Terasa ribet dan pusing bukan jika melakukannya secara manual?
Masalah tersebut dapat diatasi dengan adanya portal perekrutan karyawan yang berbasis online. Tapi apa itu portal perekrutan karyawaan? Mari simak ulasan lebih lanjutnya pada ulasan di bawah ini!
Apa itu Portal Perekrutan Karyawan?
Pengertian web portal sendiri adalah sebuah situs yang dirancang untuk menyediakan akses ke dalam suatu layanan sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna ke suatu jenis layanan yang dituju.
Sedangkan perekrutan karyawan (rekrutmen) adalah suatu proses ketika perusahaan mencari, memilih, dan menetapkan pelamar kerja sebagai pekerja untuk memenuhi posisi yang kosong di suatu perusahaan.
Adapun pengertian rekrutmen menurut beberapa para ahli, yaitu:
Menurut (Simamora, 2015;212)
Rekrutmen (recruitment) adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian dan pengetahuan yang diperlukan guna menyimpan kekurangan yang identifikasi dalam perencanaan kepegawaian.
Menurut Dessler (2009)
Rekrutmen adalah proses mencari, mengadakan, menemukan, dan menarik calon pelamar kerja sebagai calon karyawan untuk bekerja dalam suatu perusahaan.
Menurut Walker (2009)
Rekrutmen merupakan proses menarik calon karyawan sesuai dengan perencanaan sumber daya manusia dengan jumlah karyawan yang cukup dan sesuai dengan kualifikasi.
(sumber: E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, bahwa portal perekrutan karyawan adalah suatu situs yang dirancang dengan tujuan untuk membantu proses pencarian, pemilihan, penetapan kandidat atau pelamar kerja dalam suatu perusahaan.
Dengan dibantu oleh portal perekrutan karyawan ini, proses rekrutmen suatu perusahaan dapat menjadi lebih mudah dan tertata. Portal perekrutan karyawan dapat mengurangi banyaknya tumpukan berkas – berkas lamaran yang masuk ke dalam perusahaan.
Manfaat Menggunakan Portal Perekrutan Karyawan bagi Perusahaan
Portal perekrutan karyawan yang sebagian besar berbasis online menghadirkan manfaat yang menawarkan efisiensi dalam masalah perekrutan SDM.
Lalu, apa saja manfaat yang didapat dengan menggunakan portal perekrutan karyawan? Manfaatnya adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Produktivitas Rekrutmen
Dengan dibantu oleh portal perekrutan karyawan yang dirancang oleh sistem, sehingga tim HR tidak perlu melakukan tahap – tahap perekrutan secara manual yang memberatkan.
2. Efisiensi Proses Rekrutmen
Portal perekrutan karyawan menyediakan platform untuk melihat segala aktivitas dan tahap yang dilakukan dalam sebuah perekrutan. Hal ini dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses rekrutmen.
3. Mengurangi Biaya Perekrutan
Dengan menggunakan sistem ini, dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dengan memanfaatkan otomatisasi sistem yang ditawarkan, sekaligus meminimalisir biaya yang dikeluarkan ketika memasang iklan secara tradisional atau manual.
4. Terintegrasi dengan Sistem Lain
Portal perekrutan karyawan memungkinkan terintegrasi dengan sistem HRMS yang bertujuan untuk memudahkan manajemen karyawan setelah proses rekrutmen berlangsung.
5. Mendukung Mobilitas dalam Penggunaan
Platform perekrutan karyawan menyediakan akses yang fleksibel, di mana pengguna dapat mengaksesnya melalui telepon seluler ataupun web yang sudah dirancang untuk kebutuhan tiap perusahaan. Hal ini memungkinkan tim perekrutan dapat mengakses portal kapan saja, di mana saja.
Maksimalkan Proses Rekrutmen Perusahaan Anda dengan Sistem yang Terintegrasi
Transformasi digital yang mampu membawa dampak positif ke perusahaan sehingga dapat memperbaiki budaya kerja menjadi efisien merupakan hal yang diinginkan dan dicari – cari oleh banyak perusahaan.
Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi yang telah hadir untuk membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah.
SADATA merupakan salah satu solusi yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam proses rekrutmen yang dapat terintegrasi dengan perusahaan. Dengan SADATA proses rekrutmen di perusahaan Anda menjadi lebih sederhana dan efisien.
Fitur – fitur yang lengkap dan memadai dalam mengelola manajemen karyawan dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih efisien dan efektif.
Tertarik ingin bergabung bersama SADATA? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga!